Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
notizen

notizen

notizen

Taman Nasional Bunaken, Surganya Dunia Bawah Laut - notizen.over-blog.com

Taman Nasional Bunaken, Surganya Dunia Bawah Laut - notizen.over-blog.com

Taman Nasional Bunaken Terletak di Sulawesi Utara

Taman Nasional Bunaken adalah destinasi wisata yang berada di Teluk Manado, Sulawesi Utara. Tepatnya berada di Kelurahan Bunaken, kecamatan Bunaken, Manado. Dari Pelabuhan Manado jarak Bunaken yang hanya berkisar 7 mil, dapat dijangkau selama 50 menit dengan mengendarai perahu motor dengan mesin ganda. Atau yang lebih cepat lagi dengan mengendarai speed boat yang hanya menghabiskan waktu sekitar 35 menit saja.

Luas taman laut ini sekitar 890,65 kilometer persegi, yang terbagi menjadi 97 % merupakan habitat laut, sedangkan sisanya yang hanya 3 % adalah daratan. Daratan tersebut berupa pulau-pulau seperti pulau Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen, dan Siladen, termasuk anak pulau di sekitar pulau yang ada si sekitar kawasan tersebut.

 

Manfaat Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken Sulawesi Utara berperan sebagai kawasan pelestarian alam. Kawasan ini memiliki ekosistem asli dengan pengelolaan sistem zonasi. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam Departemen Kehutanan Republik Indonesia Nomor 147/Kpts/DJ‑VI/1997, terdapat 6 zona di kawasan Taman Nasional Bunaken ini. Masing-masing zona dikelola untuk menjalankan fungsinya masing-masing.

  1. Zona Inti, memiliki fungsi sebagai kawasan pelestarian sumber daya alam hayati dan ekosistemnya serta untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan penelitian.
  2. Zona Pemanfaatan, berfungsi untuk kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan, ilmu pengetahuan dan penelitian juga diperuntukkan bagi pusat pembangunan sarana/prasarana dalam rangka pengembangan kepariwisataan alam dan rekreasi.
  3. Zona Rehabilitasi dan Zona Pemulihan, berguna untuk penelitian dan pengembangan serta pemulihan jenis tumbuhan (pohon kehidupan) dan satwa jenis asli.
  4. Zona Pendukung Perairan, untuk kegiatan wisata alam terbatas.
  5. Zona Pendukung Daratan, untuk kegiatan wisata alam terbatas.
  6. Zona Pendukung Umum, untuk kegiatan sebagaimana point 1, 4, dan 5

 

Cerita Taman Nasional Bunaken

Sejuta cerita tentang pesona keindahan alam bawah laut Bunaken akan senantiasa terukir dalam memori Anda apabila Anda pernah berkunjung ke taman nasional ini. Bagaimana tidak, keindahan yang terdapat di alam bawah laut Bunaken tercipta karena letaknya yang sangat strategis, yaitu di daerah segitiga emas terumbu karang dunia. Persebarannya meliputi wilayah Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste, dan kepulauan Solomon. Tak heran apabila di taman laust ini terdapat puluhan jenis terumbu karang dan ribuan spesies ikan yang hidup di dalamnya.

Melalui sejumlah lokasi seperti di lekukan 1, 2, 3, fokui, mandolin, tanjung parigi, ron's point, sachiko point, pangalisang, muka kampung dan Bunaken Tumur. Namun sebenarnya, Bunaken sendiri memiliki spot lokasi penyelaman sebanyak 40 titik yang belum disebutkan di sini. Kedalaman lokasi penyelaman pun sangat bervariasi. Berbagai jenis pemandangan ikan jenis tropis dan juga terumbu karang yang cantik akan Anda nikmati selama melakukan penyelaman di sini. Tempat ini tentunya akan sanagt cocok bagi pengunjung yang hobi fotografi. Pemandangan bawah laut yang disuguhkan sungguh menawan dan tak dapat ditemukan di daerah lain. Tak salah apabila Taman Nasional Bunaken adalah surganya pecinta fotografi.

 

Sejarah Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken Indonesia ditemukan pertama kali oleh sekelompok penyelam dari Manado yang melakukan ekspedisi penyelaman di daerah Bunaken pada tahun 1975. Pesona laut Bunaken kemudian terkuak setelah dilakukannya penyelaman ini. Mereka menemukan a tumbuhan laut di dinding karang yang masih murni serta ikan-ikan langka, dan berbagai pemandangan bawah laut yang mempesona. Semenjak itulah tempat ini terkenal dengan keindahan pemandangan lautnya.

Penduduk asli tempat ini pada mulanya tidak berani menyelam daerah bawah laut Bunaken. Mereka meyakini bahwa di dalam laut terdapat berbagai roh jahat yang berbahaya. Keyakinan ini terbantahkan sampai datangnya sekelopmpok orang yang melakukan ekspedisi penyelaman. Secara resmi, Taman Nasional Bunaken diririkan pada tahun 1991. Taman laut ini juga merupakan salah satu dari warisan dunia UNESCO sejak tahun 2005.

Sebelum menjadi Taman Nasional Bunaken, pada mulanya daerah ini bernama Wukaneng yang memiliki kepanjangan Kinawungakeng. Menurut penduduk setempat, Kinawungakeng sendiri berarti tempat tinggal. Seiring perkembangan, nama ini kemudian berganti menjadi Bunaken yang merupakan singkatan dari Pamunakeng yang bermakna tempat mendarat sebuah perahu.Kini tempat ini menjadi destinasi wisata jempolan yang akan memanjakan mata Anda dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

 

Description: Taman Nasional Bunaken adalah kawasan pelestarian alam di Sulawesi Utara.Taman laut ini terkenal akan spot lokasi penyelaman yang memiliki pemandangan mempesona..

 

 

Share this post

Repost 0
To be informed of the latest articles, subscribe:

Comment on this post