Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
notizen

notizen

notizen

Keindahan Berwisata di Pulau Weh - notizen.over-blog.com

Indonesia adalah negeri kepulauan dengan berjuta keindahan di dalamnya. Wisata alam yang elok bisa anda jumpai dari ujung barat hingga ujung timur nusantara. Di bagian paling barat kepulauan Indonesia terdapat satu pulau yang menawarkan keindahan alamnya. Pulau ini dikenal dengan nama Pulau Weh. Sebuah pulau kecil dengan luas sekitar 121 km2 dan masih masuk dalam wilayah Propinsi Aceh. Terletak di titik nol kilometer Indonesia, pulau ini digadang-gadang menjadi salah satu spot terbaik untuk snorkling dan diving kelas dunia. Pulau nan cantik ini dikelilingi beberapa pulau kecil lain, yaitu Pulau Seulako, Pulau Rubiah, Pulau Klah, dan Pulau Rondo.

Pulau Weh Sabang

Keindahan pulau yang berada di ujung barat Indonesia ini tidak hanya terkenal di dalam negeri namun sudah terkenal hingga mancanegara. Hal ini terbukti dengan banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke pulau ini untuk menikmati keindahannya. Bahkan menurut para wisatawan, keindahan pulau kecil ini tidak kalah jika dibandingkan dengan taman laut Bunaken di Sulawesi Utara. Ketika berkunjung ke pulau ini, kita bisa mampir ke kota Sabang yang merupakan kota dalam zona ekonomi bebas Indonesia. Anda akan menjumpai bangunan bersejarah peninggalan Belanda di bagian utara kota. Sedangkan di bagian selatan banyak bangunan berupa toko, restoran, dan pemukiman penduduk.

Ada berbagai kegiatan wisata menarik yang bisa anda lakukan di pulau ujung Aceh ini. Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas olahraga air seperti berselancar, berenang, memancing, dan menjelajah dengan perahu. Anda gemar menyelam? Pulau Weh diving ini jawabannya. Pasalnya, dunia bawah laut pulau ini menyimpan keanekaragaman jenis ikan dan keindahan terumbu karang. Mulai dari terumbu karang yang lunak hingga terumbu karang keras dari berbagai bentuk dan warna mampu membentuk gugusan karang yang indah. Beberapa terumbu karang yang bisa anda jumpai adalah karang lupas, karang rusa, dan karang kerupuk. Sedangkan spot diving yang terkenal di pulau ini adalah Pantai Iboih, Pantai Gampang, dan Pantai Rubiah. Selain gugusan karang indah, anda akan menjumpai ikan-ikan cantik seperti Parrot Fish, Tropet Fish, Dunsel Fish, dan Angel Fish.

 

Pulau Weh Diving Season

Jika Lombok punya Gili Trawangan, maka Pulau Weh punya Pantai Iboih. Diantara pantai lain, pantai inilah yang menjadi pusat kegiatan diving atau snorkling oleh penyelam lokal hingga mancanegara. Retribusi masuk kawasan wisata ini cukup murah. Namun jika anda datang dengan supir mobil sewaan, maka supor akan langsung memberitahu anda penginapan mana yang pas untuk bermalam dan anda bebas bea parkir.

Pantai Iboih merupakan kawasan diving centre yang menawarkan jasa sewa alat menyelam. Namun jika anda ingin menyelam di pantai ini, anda diharuskan sudah mengantongi sertifikat menyelam. Untuk harga paket yang ditawarkan berkisar Rp 280 ribu untuk penyelam lokal dan Rp 325 ribu untuk wisatawan manca. Dengan harga tersebut anda sudah bisa menyelam untuk menikmati surga bawah laut dengan didampingi diving master. Dan jika anda sudah membawa alat selam sendiri, anda akan mendapat diskon hingga 12%.

Selain eksotisme dunia laut, di pulau ini anda akan menemukan Tugu Nol Kilometer Indonesia yang sangat terkenal. Tidak hanya itu saja, selain pemandangan alam yang memukau, wisatawan akan dimanjakan dengan gua-gua alam yang digunakan untuk pertahanan tentara Jepang saat Perang Dunia II. Entah karena peninggalan bersejarah atau keindahan alamnya, nama Golden Island disematkan untuk menyebut Weh.

 

Pulau Weh Accommodation

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Weh Aceh, anda diharuskan naik kapal fery dari pelabuhan Ulee Lheue di kota Banda Aceh menuju pelabuhan Balohan. Perjalanan laut ini kira-kira memakan waktu sekitar 2 jam. Namun bagi anda yang menginginkan perjalanan lebih singkat bisa saja menyewa speed boat untuk sampai ke pulau tersebut. Dengan menggunakan speed boat anda hanya membutuhkan waktu 45 menit saja, tapi anda harus menyiapkan dana lebih untuk transportasi ini.

Selama anda menghabiskan waktu berwisata di pulau indah ini, anda dapat menggunakan transportasi umum seperti becak, mini bus, hingga taksi. Atau jika ingin lebih leluasa bisa saja menyewa mobil atau motor. Namun jika anda mempunyai jiwa petualang, disarankan untuk mengelilingi pulau dengan berjalan kaki. Panorama alam menawan yang disuguhkan mampu memberi kenyamanan selama anda berjalan kaki keliling pulau.

Melihat objek wisata yang ditawarkan pulau ini, tentu rugi sekali jika hanya berkunjung sebentar. Maka telah disediakan beberapa penginapan dengan berbagai pilihan harga. Jika wisatawan ingin harga yang lebih ringan, bisa memilih penginapan pondok kayu. Namun jika menginginkan sensasi menginap dengan kenyamanan fasilitas lengkap, anda bisa menginap di Pulau Weh resort. Resort ini memiliki area pantai pribadi, akses wifi di area umum, serta restoran. Selain itu disediakan fasilitas untuk menyelam, snorkeling, dan memancing, tentunya dengan biaya tambahan.

Puas berwisata mengelilingi pulau, tidak ada salahnya anda mampir untuk mencoba kuliner khas di pulau ini. Anda bisa membeli aneka buah tropis, makanan tradisional, hingga makanan laut yang sangat lezat. Jangan lupa untuk membeli souvenir khas sebagai buah tangan bagi sanak keluarga di rumah. Sedikit saran, bagi anda yang akan berwisata ke Pulau Weh jangan lupa membawa tabir surya karena cuaca di sekitar pantai sangat panas. Selain itu gunakan pakaian yang santai dan sopan. Selamat berwisata.

Description: Pulau Weh adalah pulau kecil di ujung barat Indonesia yang menyimpan kekayaan laut yang sangat indah untuk di eksplore.

 

 

 

Share this post

Repost 0
To be informed of the latest articles, subscribe:

Comment on this post